
Perkembangan dunia teknologi dan bisnis saat ini semakin luas. Sehingga perlu adanya pelatihan tentang digital marketing agar guru dapat terus meningkatkan kompetensi dan wawasannya sehingga dapat mengoptimalkan proses pembelajaran pada siswa khususnya di SMK Negeri 2 Ketapang.
Dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan Program SMK PK (Pusat Keunggulan) tahun 2022 pada Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Negeri 2 Ketapang melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing, Selasa, 13 September 2022 di Ruang Aula SMKN 2 Ketapang.
Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah, Guru Produktif APHP, dan Guru-Guru pegampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) SMKN 2 Ketapang. Adapun yang menjadi narasumber adalah Bapak Errudi Arrazak (Owner Rumah Kreatif Rtiga) yang juga sebagai pegiat Multimedia Kreatif di Kabupaten Ketapang.
Kegiatan dibuka oleh Bapak Drs. Anggoro Suwarno, selaku Kepala Sekolah yang menyampaikan kegiatan ini termasuk rangkaian program SMK Pusat Keunggulan dalam hal pengembangan teknologi khususnya platform digital guna mendukung promosi produk-produk yang dihasilkan oleh siswa.
Melalui Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing ia berharap guru-guru yang menjadi peserta mendapatkan bekal pengetahuan dari narasumber mengenai Bagaimana sebuah produk yang dihasilkan bisa dikemas, ditampilkan, sehingga menarik, dan tentunya bisa di pasarkan secara digital. Digital Marketing sudah sangat terbukti mampu meningkatkan penjualan dan juga promosi dari produk yang diciptakan dengan cakupan yang sangat luas.
Errudi Arrazak atau yang biasa disapa Bang Rudi RTiga ini memberikan berbagai materi yang dapat kembali disampaikan kepada para siswa. Mulai dari kewirausahaan (entrepreneurship), membangun strategi berjualan online, pentingnya sebuah logo/brand, digital marketing, serta pengenalan berbagai platform / aplikasi yang dapat digunakan untuk digital marketing.
Sebagai narasumber dia berharap kegiatan serupa dapat terus digalakkan di SMKN 2 Ketapang, bahkan ia mendorong dibentuknya Ekstrakurikuler Desain Grafis yang membahas dan mempelajari berbagai bidang multimedia seperti membuat desain logo, poster, desain kemasan produk, fotografi dan lain-lain.
Melalui Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing ini diharapkan SMKN 2 Ketapang dapat memiliki tenaga pendidik yang kompeten serta menghasilkan lulusan yang dan inovatif kompetitif. Sekaligus untuk memastikan lulusan SMKN 2 Ketapang memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja melalui bekal pengetahuan digital marketing.
Hal ini selaras dengan visi SMKN 2 Ketapang yaitu Menjadi SMK Unggul yang membentuk SDM berkepribadian, beriman bertaqwa, mandiri, profesional dan mampu bersaing dalam masyarakat global.
#smkbisa #smkhebat #smkcakapdigital #rumahkreatifRtiga
Oleh: Fajar Heryadi, S.Pd