Pentingkah Digital Marketing Untuk Sekolah ?

Era digital yang serba internet atau istilah kerennya IoT (Internet of things), membuat mau tidak mau, setiap sekolah harus memanfaatkan peluang dan tantangan ini. Teknologi menjadi salah satu yang memiliki peranan penting dalam segala aspek yang mulai bergeser pada dunia digitalisasi. Karenanya, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) bersama Dyandra Academy bekerja sama dalam menyelenggarakan Workshop Digital Marketing Strategy dan Social Media Marketing.  Workshop yang diadakan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi ini ditujukan bagi para wakil kepala sekolah bidang kehumasan dan guru pengelola konten media social di Sekolah Menengah Kejuruan.

Tema workshop ini adalah SMK Cakap Digital. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan promosi sekolah dan mendukung manajemen sekolah berbasis teknologi informasi bagi SMK yang telah ditetapkan sebagai pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

SMKN 2 Ketapang sendiri mengirimkan dua orang gurunya yaitu Bapak Welly Cahyadi, S.T dan Bapak Fajar Heryadi, S.Pd untuk mengikuti Workshop Digital Marketing Strategy dan Social Media Marketing Batch 12 yang  berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 8 – 13 November 2021 bertempat di YELLO Hotel Harmoni Jakarta.

Acara ini dibuka langsung oleh Koordinator Penyelarasan SDM Pendidikan Vokasi Bapak Sulistio Mukti Cahyo, SE.,MBA serta Bapak Rumpoko Hadi, Direktur Dyandra Academy. Sedangkan untuk materi workshop tersebut terdapat 8 Materi yang disampaikan oleh Viera Adella, M.Psi dan Kenji Hangmudha yaitu: Digital Marketing & Content Marketing, Create Great Content, Video Marketing & Podcasting, Copywriting & Blogging & SEO, Instagram, Tiktok, Website & E-Mail Marketing & Google Analytics, Youtube & facebook & Twitter.

Adapun jadwal kegiatan workshop sangatlah padat.  Kegiatan dimulai pukul 09.00 hingga pukul 20.30 WIB.  Meski melelahkan, namun materi yang disajikan sangatlah bermanfaat.  Mulai dari pembuatan content planning, cara mempromosikan sekolah melalui platform Instagram, Tiktok, Facebook, Youtube dan website sekolah dengan konten dan tampilan yang menarik dan meyakinkan. Berbagai platform tersebut digunakan untuk berbagi informasi mengenai kompetensi keahlian, jurusan, keunggulan dan prestasi yang ada di sekolah.

Welly Cahyadi, ST selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humastri mengatakan kegiatan Workshop ini sangat luar biasa, semua peserta mendapat pengetahuan baru, khususnya dalam penggunaan media sosial untuk promosi kegiatan yang ada di sekolah. Dengan Digital Marketing, maka dapat mengenalkan kualitas pendidikan dan kualitas fasilitas sekolah sehingga siswa/i  lulusan SMP dapat tertarik untuk melanjutkan sekolahnya di SMKN 2 Ketapang.

Menerapkan strategi digital marketing merupakan langkah yang tepat bagi sekolah untuk menjangkau target lebih luas, sehingga besar kemungkinan untuk mendapatkan peserta didik dengan mudah. Selain itu, digital marketing juga sangat mendukung dalam meningkatkan branding sekolah dengan memanfaatkan ragam platform media sosial. Sehinggan SMKN 2 Ketapang akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas baik itu dalam daerah maupun luar daerah sekalipun.

#smkbisa #smkhebat #smkcakapdigital #digitalmarketing

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *