SMK Negeri 2 Ketapang adalah salah satu dari 22 sekolah kejuruan di Provinsi Kalimantan Barat yang mendapatkan kesempatan menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK).
Dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Program SMK Pusat Keunggulan Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 2 Ketapang mengadakan kegiatan Workshop Implementasi Platform Teknologi yang dilaksanakan pada Senin, 13 Desember 2021 bertempat di Ruang Aula Pertemuan.
Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Kepala Sekolah, Kepala Program Keahlian, dan guru-guru pegampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) SMKN 2 Ketapang. Adapun yang menjadi narasumber adalah Ibu Rahmi Ananta W.K dari Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) dan Ibu Darlina dari Lima Akar Penyangga UMKM Tanah Kayong.
Kegiatan dibuka oleh Bapak Welly Cahyadi, ST selaku Waka Humastri yang menyampaikan kegiatan ini termasuk kegiatan SMK Pusat Keunggulan dalam hal pengembangan teknologi khususnya platform digital guna mendukung promosi kegiatan yang ada di sekolah. Adapun macam-macam platform digital yang sudah dimiliki dan dikembangkan adalah Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, Website dan lain-lain.
Selain digunakan untuk promosi kegiatan sekolah, berbagai platform digital tersebut juga digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa yang terdapat di SMKN 2 Ketapang. Adapun produk dan jasa yang sudah dimiliki SMKN 2 Ketapang antara lain Roti, Benih Ikan Lele, Ikan Lele Konsumsi, jasa servis sepeda motor dan jasa pengelasan.
Ibu Rahmi Ananta W.K dari Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) dalam pemaparannya menyampaikan SMKN 2 Ketapang yang saat ini sudah memiliki produk dan jasa hasil karya siswa dapat melakukan pemasaran secara digital guna mengenalkan produk dan jasa yang ada kepada masyarakat secara luas. Salah satu caranya adalah dengan memasarkan produk dan jasa tersebut melalui marketplace.

Ibu Darlina Lima Akar Penyangga UMKM Tanah Kayong menjelaskan salah satu aplikasi marketplace yang bisa digunakan oleh SMKN 2 Ketapang untuk memasarkan produk dan jasanya adalah melalui aplikasi “KAYONGKU” yang dapat diunduh di playstore. Melalui Aplikasi Kayongku yang diinisiasi oleh Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) pelaku usaha dan UMKM dapat lebih mudah memasarkan produk-produk mereka secara gratis, aman, dan terpercaya.
Pengguna aplikasi KAYONGKU khususnya penjual/seller dikhususkan terhadap pelaku usaha dan UMKM yang berdomisili atau memiliki usaha di KKU dan Ketapang, namun untuk pembeli/customer dapat diakses oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan dunia.
Adanya aplikasi KAYONGKU diharapkan akan mampu mengangkat pemasaran produk unggulan yang dihasilkan oleh siswa SMKN 2 Ketapang agar banyak dikenal oleh masyarakat luas. Jika nantinya ada masyarakat yang tertarik dengan produk hasil karya siswa SMKN 2 Ketapang, maka mereka bisa langsung melakukan pemesanan dan pembelian melalui aplikasi marketplace KAYONGKU.
#smkbisa #smkhebat #smkcakapdigital
Oleh: Fajar Heryadi, S.Pd