SMKN 2 Ketapang Adakan Workshop RTL Reskilling dan Upskilling

Dalam rangka kegiatan peningkatan Kompetensi Guru serta link and match dengan dunia industri dan dunia kerja, SMK Negeri 2 Ketapang melaksanakan Workshop RTL Reskilling dan Upskilling program sekolah Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2023. Workshop dilaksanakan pada tanggal 03  – 04 Oktober 2023, bertempat di Aula SMK Negeri 2 Ketapang mulai pukul 08.00 – 14.45 WIB. Kegiatan diikuti oleh 33 orang Guru dan Tenaga Pendidikan di SMKN 2 Ketapang. Adapun yang menjadi narasumber adalah Bapak Widayat, S.TP dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur.

Kegiatan Workshop RTL Reskilling dan Upskilling program sekolah Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2023 dibuka oleh Bapak A. Rani, M.Pd selaku Pengawas Pembina SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kal-Bar. Dalam sambutannya ia mendorong guru-guru kejuruan yang ada di SMK Negeri 2 Ketapang untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dengan mengikuti program Reskilling dan Upskilling bagi Guru Kejuruan SMK. Hasil dari diklat upskilling dan reskilling ini diharapkan dapat bermanfaat untuk sekolah dalam mewujudkan link and match 8+i antara SMK dengan dunia industri.

Pada saat penyampaian materi oleh Bapak Widayat, S.TP dari BBPPMPV Pertanian Cianjur menjelaskan secara mendalam tentang Reskilling dan Upskilling Bagi Guru Kejuruan SMK, baik dari pengertian, latar belakang, ruang lingkup, tujuan serta mekanisme pelaksanaan dari program Reskilling dan Upskilling. Pada kegiatan workshop hari pertama, juga diisi dengan Diseminasi Hasil Pelatihan Program Reskilling dan Upskilling Guru SMK oleh Ibu Fitri Romadhani, S.TP, Guru Program Keahlian APHP  SMKN 2 Ketapang, yang telah mengikuti program Program Reskilling dan Upskilling di BBPPMPV Pertanian Cianjur selama 2 Minggu dan melakukan magang Industri selama 2 minggu di PT. Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera, perusahaan yang bergerak di bidang produksi keripik organik tropis, makanan olahan dalam kaleng yang dipasarkan di dalam dan luar negeri .

Selanjutnya pada hari ke-2 Bapak Widayat, S.TP memaparkan materi tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru di SMK. Beliau juga meminta kepada guru-guru di SMK Ngeri 2 Ketapang yang telah mengikuti program Upskilling dan Reskilling untuk juga memanfaatkan platform merdeka mengajar dengan mengunggah video hasil teaching project maupun video pelaksanaan magang di Industri

Drs. Anggoro Suwarno selaku Kepala Sekolah menyampaikan bahwa ia berharapa melalui Pelaksanaan Workshop RTL Reskilling dan Upskilling program sekolah Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2023 ini  dapat memberikan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan yang ada di SMKN 2 Ketapang agar selaras dengan dunia industri dan dunia kerja.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *