Keren ! SMKN 2 Ketapang Hadirkan Owner Lalu Limpat Sebagai Guru Tamu

Setelah menjadi SMK Center of Excellence (COE) di Tahun 2020, SMK Negeri 2 Ketapang kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan diberikan predikat program SMK Pusat Keunggulan/ SMK PK sejak tahun 2021. Di tahun 2023 ini SMK Negeri 2 Ketapang Kembali menjalankan program SMK Pusat Keunggulan dengan skema lanjutan.

Diantara serangkaian kegiatan dari program SMK PK, salah satunya adalah kegiatan mendatangkan Guru Tamu demi meningkatkan kompetensi dalam penguatan karakter dan budaya kerja siswa – siswi sesuai Profil Pelajar Pancasila pada program keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian, SMK Negeri 2 Ketapang.

Tamu istimewa yang menjadi narasumber pada kegiatan Pelaksanaan Praktisi Dunia Kerja Mengajar SMK Pusat Keunggulan di SMKN 2 Ketapang, Senin 21 Agustus 2023 adalah Errick Robiansyah, yang merupakan Alumni SMKN 2 Ketapang tahun 2007 pada jurusan THP. Saat ini Ia adalah seorang enterpreuner muda yang merupakan owner dari Kedai Kopi ternama di Kabupaten Ketapang, Lalu Limpat. Kedai Kopi Lalu Limpat terletak Jl. DI Panjaitan, Sampit, Kec. Delta Pawan, Kabupaten Ketapang. Kedai Kopi ini tak pernah sepi pengunjung. Setiap pelanggan yang datang kadang harus sabar menunggu tempat tersedia untuk mereka. Kedai Kopi yang buka dari pagi ini sudah memiliki pelanggan setia untuk menghabiskan waktu pagi, siang sore hingga malam mereka untuk bersantai dan berkumpul di Lalu Limpat.

Dalam kesempatannya sebagai guru tamu, ia berbagi pengalaman dan memberikan wawasan tentang peluang bisnis kedai kopi di masa kini. Siswa/i kelas XII jurusan APHP dan PMHP yang menjadi peserta kegiatan tersebut terlihat begitu antusias dalam menyimak penjelasan dari Guru Tamu. Dalam pemaparanya Errick Robiansyah berbagi tips agar dapat menjadi seorang pengusaha sukses. Ia mengatakan ketika membuka bisnis kelak yang dibutuhkan bukan hanya kepintaran dan keahlian, tapi juga perlu menerapkan nilai-nilai spiritual seperti beribadah, berbagi kepada orang yang tidak mampu, serta senantiasa berbakti kepada kedua orang tua.

Welly Cahyadi, ST selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humastri dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui program Guru Tamu ini diharapkan siswa dapat menyerap dan mengaplikasikan ilmu yang disampaikan oleh narasuber dalam dunia kerja. Ia terus mendorong siswa/i SMKN 2 Ketapang untuk mau berwirausaha ketika lulus nanti, agar dapat mengikuti jejak sukses seperti Bang Errick Robiansyah, owner Kedai Kopi Lalu Limpat.

Terima Kasih Bang Errick Robiansyah, atas sharing ilmu yang telah diberikan. Semoga dapat bermanfaat bagi siswa/i SMK Negeri 2 Ketapang, agar dapat menjadi Enterpreuner sukses di bidang pengolahan hasil pertanian khususnya bisnis kedai kopi. Sukses terus untuk Kedai Kopi Lalu Limpat.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *