Siswa SMKN 2 Ketapang Lakukan PKL di Juwana, Pati, Jawa Tengah

Sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMK Negeri 2 Ketapang terus menerapkan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri melalui pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa/i SMK N 2 Ketapang pada berbagai tempat di dunia usaha dan dunia industri. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Bintang Taruna Bahari. LPK Bintang Taruna Bahari merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pembimbingan kepada siswa dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Beralamat Di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Pada hari Rabu, 10 mei 2023, 20 siswa dari jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Teknika Kapal penangkap Ikan (TKPI) berangkat menuju Juwana, Pati, Jawa Tengah untuk melaksanakan PKL selama 6 bulan ke depan. Mereka berangkat menggunakan trasportasi kapal laut menuju kota semarang, bersama satu orang guru pendamping Bapak Aang Kuanefi, S.St.Pi yang sekaligus merupakan Kepala Program Keahlian Teknika Kapal penangkap Ikan (TKPI)  SMKN 2 Ketapang.

Setelah melakukan perjalanan selama 3 hari, mereka akhirnya sampai di pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang pada hari Jum’at, 12 Mei 2023, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan darat ke lokasi LPK Bintang Taruna Bahari  di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Provinsi Jawa Tengah. Kedatangan 20 taruna SMKN 2 Ketapang, disambut hangat oleh Pimpinan LPK Bintang Taruna Bahari Ibu Widiati Novarida, S.St.Pi.

Sebelum berangkat melaksanakan PKL di kapal-kapal mitra dari  LPK Bintang Taruna Bahari, ke 20 taruna tersebut terlebih dahulu mendapatkan pembekalan serta arahan dari  Ibu Widiati Novarida, S.St.Pi. dan Guru Pembimbing.

Bapak Aaang Kunaefi, S.St.Pi selaku Kepala Program Keahlian TKPI menyampaikan bahwa ia berharap Taruna yang nantinya melaksanakan PKL di Juwana ini dapat memberi motivasi atau memberi saran kepada adik tingkatnya disekolah agar mau mengajukan dan melaksanakan kegiatan PKL di LPK Bintang Taruna Bahari Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Provinsi Jawa Tengah.

Drs. Anggoro Suwarno selaku kepala sekolah mengatakan bahwa Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah tempat bagi siswa SMKN 2 Ketapang dalam mengasah keahlian dan keterampilan, terutama yang tidak didapatkan di bangku sekolah.  Pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan langsung di dunia kerja merupakan upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa-siswi di SMK Negeri 2 Ketapang dengan kompetensi keahlian yang sesuai dengan bidangnya serta  menambah bekal di masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak dan ketat dalam persaingannya.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *