SMKN 2 Ketapang Jalani Audit Resertifikasi SMM ISO 9001:2015

SMK Negeri 2 Ketapang kembali memperkuat komitmen untuk menjalankan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Komitmen ini ditunjukkan dengan menjalani re-sertifikasi SMM ISO 9001;2015 dengan auditor dari LSSM-IQS Vedca Cianjur. Re-sertifikasi berlangsung selama 3 hari pada 21 s.d 23 Maret 2022 dengan auditor Bapak Ir. Cahayana Yuni Asmara.

Sertifikasi ISO 9001:2015 sangat membantu SMKN 2 Ketapang untuk memiliki manajemen mutu berstandar internasional yang menjadi salah satu penjamin kualitas input dan output sekolahISO 9001:2015 pada SMKN 2 Ketapang di rancang untuk mengatur sistem dan manajemen dalam mengelola dan menghasilkan sistem pendidikan dan lulusan yang siap bekerja

Opening meeting Audit Resertifikasi SMM ISO 9001:2015 SMKN 2 Ketapang dibuka oleh Waka Manajemen Mutu yaitu Bapak Fajar Heryadi, S.Pd, kemudian dilanjutkan oleh sambutan mewakili Kepala Sekolah dari Bapak Trisno, ST selaku Waka Bidang Kurikulum, selanjutnya penjelasan tentang audit plan dan tata cara audit dari auditor. Proses audit dilaksanakan dengan sesi wawancara dan pembuktian dokumen terkait pada masing-masing unit kerja.

Adapun unit kerja yang di audit adalah Top Manajemen (Kepala Sekolah), Manajemen Mutu, Kurikulum, Kesiswaan, Humastri, Sarpras, Perpustakan dan seluruh program keahlian yang ada di SMK N 2 Ketapang. Selain melakukan audit pada masing-masing unit kerja, Auditor juga melakukan kunjungan di Laboratorium, Ruang Praktek dan Bengkel pada setiap kompetensi keahlian yang ada.

Kegiatan Resertifikasi SMM ISO 9001:2015 SMKN 2 Ketapang ditutup melalui closing meeting yang diisi tentang pemaparan hasil audit oleh oleh auditor serta sambutan dan ucapan terima kasih dari Kepala SMKN 2 Ketapang Ibu Erini, SP, M.M.Pd. Bapak Ir. Cahyana Y.A selaku auditor dalam pemaparannya menyampaikan tidak ditemukan ketidaksesuaian Major, hanya beberapa temuan Minor dan saran yang harus diperbaiki. Menurutnya SMKN 2 Ketapang merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan SMM ISO 9001:2015 dengan baik dan konsisten walaupun di masa pandemi.

Berdasarkan hasil selama audit 3 hari SMK Negeri 2 Ketapang kembali direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001;2015 yang merupakan pengakuan atas terlaksananya sistem manajemen mutu di SMKN 2 Ketapang. Dengan dilakukan audit ini diharapakan SMKN 2 Ketapang lebih baik lagi dalam pelayanannya untuk mencetak lulusan yang mampu bersaing di dunia industri.

Terimakasih kepada semua tim manajemen, kepala program dan kepala kompetensi keahlian di lingkungan SMK N 2 Ketapang atas kerja samanya dalam menyukseskan kegiatan Audit Resertifikasi SMM ISO 9001:2015.

#SMKBisa #SMKHebat #CerdasBekarakterInovatif

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *