2 Guru SMKN 2 Ketapang Ikuti Kegiatan Peningkatan Kompetensi MGMP SMK se- Kalimantan Barat

Pengelolaan pembelajaran merupakan proses inti dari pendidikan. Guru sebagai pemegang utama dalam pembelajaran dituntut untuk memiliki kompetensi yang sejalan dengan tujuan pembelajaran. Kompetensi ini mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional.

Peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). MGMP sebagai forum komunikasi, konsultasi dan informasi memiliki peranan yang penting dan strategis dalam meningkatkan kompetensi guru SMK terutama melalui program kerja yang dilaksanakan.

dalam upaya meningkatkan kompetensi guru SMK melalui MGMP. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi MGMP SMK se- Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan  pada tanggal 11 s.d 13 Mei 2022 di Hotel Borneo Pontianak, dengan calon peserta perwakilan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada jenjang Pendidikan SMK di Kalimantan Barat yang berjumlah 76 orang.

Terdapat 2 orang Guru dari SMKN 2 Ketapang yang diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mereka adalah Bapak Welly Cahyadi, ST (Fisika, Teknologi Rekayasa) dan Bapak Drs. Paryanto (Penjasorkes).

Kegiatan dibuka langsung oleh  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Drs. Sugeng Hariadi, MM. Dalam sambutannya Ia menekankan agar dapat mengaktifkan kembali kegiatan MGMP di Kalimantan Barat. MGMP merupakan forum diskusi, penambahan wawasan dan motivasi bagi para guru. Apalagi pembelajaran di SMK kedepannya harus berlandaskan pembelajaran berbasis project. Tidak dipungkiri masih terdapat kendala terutama lokasi SMK yang berada di pedalaman  Kalimantan Barat.

Semoga dengan Kegiatan Peningkatan Kompetensi MGMP SMK ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru SMK di Kal-Bar khususnnya di SMKN 2 Ketapang dalam melakukan pembelajaran sehingga dapat mencipatakan peserta didik yang kompeten, terampil yang mampu berwirausaha, bekerja dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

 

Oleh : Welly Cahyadi, ST & Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.