SMKN 2 Ketapang Sukses Selenggarakan Seminar Publikasi Ilmiah dan PTK

Guru pada zaman sekarang ini dituntut untuk lebih  profesional, lebih handal ,lebih kompeten. Maka sudah sewajarnya dan pantas bahwa sekarang ini menulis dalam bentuk publikasi ilmiah adalah  sarana untuk meningkatkan  kemmampuan guru dalam pengembangan profesi  mereka agar lebih maju dan bermutu.

Publikasi ilmiah dapat dimaknai sebagai upaya untuk menyebarluaskan suatu karya pemikiranatau gagasan  seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk ulasan ilmiah dan laporan penelitian baik yang sederhana seperti Penelitian Tindakan Kelas dan juga penelitian yang lebih kompleks, makalah, buku atau artikel. Publikasi ilmiah yang dilakukan guru pada dasarnya merupakan  wujud dari profesionalisme guru.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021 dan untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru, SMK Negeri 2 Ketapang menyelenggarakan kegiatan Seminar Publikasi Ilmiah bagi jabatan Fungsional Guru pada hari Kamis, 25 November 2021 bertempat di Aula Pertemuan Lantai II.

Kegiatan seminar publikasi ilmiah dan PTK diikuti 3 guru mata pelajaran yang ada di SMKN 2 Ketapang. Ketiga guru yang mengikuti seminar ini yaitu Guru Produktif TKRO Nur Cahya Wahyu Atmaja, S.Pd.T, Guru Matematika Susi Ariyanti, S.Pd, dan Guru Produktif TBSM Nafis Rozihan, S.Pd.

Kegiatan seminar ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Ketapang, Pengawas Pembina SMK,  Kepala Sekolah dan peserta guru dari beberapa sekolah tingkat SMK di Kabupaten Ketapang yaitu SMKN 1 Ketapang, SMKN 1 Muara Pawan dan SMKN 1 Matan Hilir Selatan.

Acara seminar publikasi ilmiah dan PTK dibuka oleh Bapak A. Rani, M.Pd, Pengawas Pembina mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat. Bapak A. Rani, M.Pd mengapresiasi kegiatan seminar ini. Dalam sambutannya ia mendorong guru-guru SMK yang ada di Kabupaten Ketapang untuk dapat memulai menulis karya ilmiah baik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Best Practised dan makalah. Menurutnya menulis penelitian bagi guru tidak hanya untuk syarat kenaikan pangkat akan tetapi juga berguna menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru saat mengajar di kelas. Karena permasalahan di kelas hanya guru yang mengajar yang lebih mengetahuinya.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diselenggarakan bertujuan menumbuhkan kreativitas menulis secara inovatif dan kreatif bagi kalangan guru. Nantinya karya tulis ilmiah diharapkan dapat memotivasi semangat para guru dalam melakukan  kegiatan publikasi ilmiah  dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan serta dapat membantu guru untuk memperoleh nilai angka kredit sebagai syarat kenaikkan pangkat.

 

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *