Workshop Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Aplikasi Canva di SMKN 2 Ketapang

SMK Negeri 2 Ketapang adalah salah satu dari 22 sekolah kejuruan di Provinsi Kalimantan Barat yang mendapatkan kesempatan menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK).

Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK), SMKN 2 Ketapang melaksanakan Workshop Penyelarasan Kurikulum dan Penyusunan Bahan ajar Digital pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 bertempat di Ruang Aula Pertemuan. Materi yang disampaikan pada workshop penyusunan bahan ajar digital bagi para guru yaitu berupa pelatihan membuat bahan ajar dengan aplikasi Canva.

Kepala SMKN 2 Ketapang Erini,SP, M.M.Pd dalam sambutannya dan sekaligus membuka secara kegiatan ini secara resmi menyampaikan workshop ini bertujuan memberi keterampilan bagi guru dalam membuat bahan ajar digital dengan mudah dan dengan spesifikasi perangkat yang tidak terlalu tinggi. Dengan adanya workshop ini diharapkan guru SMKN 2 Ketapang mampu membuat dan mengembangkan bahan ajar digital yang inovatif, kreatif dan menarik bagi siswa.

Pelatihan membuat bahan ajar dengan aplikasi Canva ini mendatangkan narasumber dari Politeknik Negeri Ketapang, Rizqia Lestika Atimi, ST. MT. Ia merupakan tenaga pengajar di Jurusan Informatika Politeknik Negeri Ketapang yang ahli di bidang rekayasa perangkat lunak. Dalam penyampaian materi yang komunikatif dan tanya jawab yang aktif menjadikan suasana pelatihan menjadi hidup dan sangat menarik.

Rizqia Lestika Atimi, ST. MT dalam paparannya menyampaikan Canva adalah platform berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain menarik.  Ada banyak template yang tersedia dan bisa dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran. Mulai dari template presentasi, membuat poster, membuat lembar kerja, membuat jadwal pelajaran, jurnal pembelajaran dan beragam hal lain yang bisa digunakan untuk pembelajaran

Selama kegitan tampak guru-guru SMKN 2 Ketapang sangat antusias dan berharap kedepannya ada program-program serupa yang dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *