LSP P1 SMKN 2 Ketapang Adakan Diklat Asesor Kompetensi

LSP (Lembaga Sertifiksi Profesi) P1 SMK Negeri 2 Ketapang bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelengarakan Pelatihan Asesor Kompetensi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 22 Oktober 2021, bertempat di Ballroom Aston Ketapang City Hotel dengan  mengundang dari pihak BNSP dan dihadiri oleh 4 orang Master Asesor BNSP yaitu Ibu Esti Wahyuni, Bapak Muhammad Thamrin, Bapak Yohannes Legimin dan Bapak Benny Bunyamin. Acara tersebut dibuka oleh Ibu Erini, SP, M.M.Pd selaku Dewan Pengarah LSP P1 SMK Negeri 2 Ketapang.

Kegiatan yang berlangsung   selama 5 (lima) hari tersebut diikuti oleh 38 peserta dari berbagai guru produktif Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara

Erini, SP, M.M.Pd selaku Dewan Pengarah LSP P1 SMKN 2 Ketapang dalam sambutannya menyampaikan tuntutan kebutuhan industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang terstandarisasi dan profesional. LSP P1 SMKN 2 ketapang merupakan salah satu dari 7 LSP P1 SMK yang terdapat di Kalimantan Barat. Dengan pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi oleh LSP P1 bagi siswa/i SMK, maka kedepannya akan membantu menyiapkan lulusan yang berdaya saing, siap kerja, terampil, bermutu dan selaras dengan tuntutan dunia kerja yang terdapat di Kabupaten Ketapang. Harapannya, wujud dari kompetensi tersebut bisa menjadi bekal siswa/i ketika lulus dan masuk ke dalam dunia kerja.

Dwi Aryanto, S.Pd selaku Ketua LSP P1 SMKN 2 Ketapang menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sertifikasi Asesor Kompetensi kepada peserta untuk memenuhi kebutuhan Asesor Kompetensi di  LSP SMK yang nantinya Asesor Kompetensi akan melaksanakan uji kompetensi bagi para Siswa/i SMK untuk meraih sertifikat kompetensi demi mewujudkan lulusan yang kompeten.

Adapapun materi pelatihan yang diberikan kepada peserta diantaranya: Pengenalan BNSP dan regulasinya,  Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen, Mengembangkan Perangkat Asesmen, dan Melaksanakan Asesmen.

Dengan telah ditetapkannya sebagai LSP P1,  SMK N 2 Ketapang terus berupaya memenuhi semua persyaratan yang diperlukan agar benar-benar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga dapat menyiapkan tenaga-tenaga terampil pada masing-masing bidang keahlian yang mempunyai sertifikat kompetensi yang diakui secara Nasional maupun Internasional.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *