Implementasi Link and Supermatch Bersama Guru Tamu dari PT. Sinar Mas Group dan PT. Bumitama Guna Jaya Agro Ketapang

SMKN 2 Ketapang sebagai salah satu Sekolah Pusat Keunggulan di Provinsi Kalimantan Barat, telah mengimplementasikan kurikulum paradigma baru yaitu Kurikulum SMK PK, yang mana salah satu hal penting yang dilaksanakan adalah bagaimana menjadikan pola pembelajaran yang bermakna dan kompetensi yang dicapai oleh para peserta didik sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh Dunia Kerja.

Untuk mewujudkan hal tersebut SMKN 2 Ketapang melaksanakan kegiatan Implementasi Link and Supermatch dengan menghadirkan  guru Tamu dari PT. Sinar Mas Group dan PT. Bumitama Guna Jaya Agro Ketapang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 Siswa/i SMKN Ketapang dari Konsentrasi Keahlian APHP, PMHP, TKRO dan TP pada tanggal 14 dan 16 Oktober 2021 bertempat di Aula Pertemuan SMKN 2 Ketapang.

Adapun tujuan dari Kegiatan  tersebut adalah (1) Memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa/i (2) Memberikan informasi peluang bekerja di Dunia Kerja/Dunia Industri (3) Membekali siswa/i dengan ilmu dan pengetahuan dari Dunia Usaha/Dunia Industri (4) Meningkatkan kepercayaan diri.

Kepala SMKN 2 Ketapang Erini, SP M.M.Pd, dalam sambutannya pada saat pembukaaan menyampaikan dengan adanya guru tamu dari  Dunia Kerja ini, siswa/i SMKN 2 Ketapang dapat belajar dan mendapatkan ilmu langsung dari dunia industri. Melalui kegiatan ini sekolah juga ingin membentuk mental siswa agar siap dan matang untuk nantinya menghadapi dunia kerja.

Pada kegiatan tersebut, para peserta didik mendapat arahan dan bimbingan secara langsung bersama guru tamu dari PT. Sinar Mas Group yang diwakili oleh Bapak Yogo Bambang Pamungkas dan PT. Bumitama Guna Jaya Agro yang diwakili oleh Bapak Ali Akbar tentang gambaran nyata kegiatan di Dunia Kerja khususnya di sektor perkebunan dan juga mengenai budaya kerja yang ada di perusahaan.

Harapan dari program kegiatan guru tamu ini semoga kerjasama antara SMKN 2 Ketapang dengan PT. Sinar Mas Group  dan PT. Bumitama Guna Jaya Agro  terjaga dengan baik, dapat berlanjut, dan bisa memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *