Workshop Penguatan Budaya Kerja bagi Siswa SMKN 2 Ketapang Bersama PT. Sinarmas Group

Dalam rangka mempersiapkan lulusan yang berkompeten dan siap kerja, SMK Negeri  2 Ketapang menggandeng PT. Sinarmas Group Ketapang menggelar acara Workshop Budaya Kerja Bersama DUDIKA SMK Pusat Keunggulan yang  dilaksanakan pada Rabu, 29 September 2021 bertempat di ruang Aula Pertemuan SMKN 2 Ketapang.

Pengembangan penguatan budaya kerja bagi peserta didik di SMKN 2 Ketapang merupakan aspek penting dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berhasil dalam pekerjaannya. Peserta didik di SMKN 2 ketapang harus dipersiapkan untuk menghadapi kondisi dan tantangan dari dunia usaha, dunia industri dan kerja (DUDIKA). Lingkungan tempat bekerja berbeda dengan lingkungan sekolah, sehingga di sekolah diperlukan adanya penguatan budaya kerja.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mitra DUDIKA, Wakil Kepala Sekolah,  Kepala Program Keahlian, dan guru-guru produktif SMKN 2 Ketapang.  Kegiatan workshop dibuka oleh Kepala SMKN 2 Ketapang Erini, SP, M.M.Pd yang menyampaikan bahwa sebagai upaya menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. SMKN 2 Ketapang  mengundang pihak mitra industri untuk memberikan masukan tentang bagaimana menguatkan karakter budaya kerja pada siswa. Agar natinya siswa SMKN 2 Ketapang memiliki budaya kerja yang sesuai tuntutan DUDIKA serta memilki kemampuan beradaptasi terhadap situasi kerja di DUDIKA.

Hadir sebagai narasumber, Manager PT. Sinarmas Group Ketapang, Bapak Yogo Bambang. P. Ia mengatakan bahwa soft skill yang dimiliki siswa SMK dirasakan masih perlu untuk terus ditingkatkan sehingga perlu adanya penguatan budaya kerja. Program penguatan budaya kerja diharapkan mampu mensinergikan budaya kerja yang ada di dunia kerja dengan budaya kerja di sekolah yang harus ditanamkan sejak dini kepada siswa. Ia berharap pada guru-guru SMKN 2 Ketapang agar benar-benar membangun sikap atau karakter siswa dengan baik. Sehingga nantinya siswa berani menyampaikan pendapat, pemikiran serta mampu berkomunikasi secara baik.

Semoga dari kegiatan workshop penguatan budaya kerja  ini bisa berguna untuk selanjutnya diterapkan dalam setiap kegiatan di sekolah,  dalam rangka menyiapkan lulusan SMKN 2 Ketapang yang berkualitas dan siap memasuki dunia kerja serta industri.

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *