SMKN 2 Ketapang Sukses Laksanakan ANBK Tahun 2021

SMK Negeri 2 Ketapang selama 2 hari  (20 dan 21 September 2021) telah sukses melaksanakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Ketapang.

Trisno, ST selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan Pelaksanaan ANBK di SMK negeri 2 Ketapang di ikuti Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari siswa kelas X dan XI, yang terbagi dalam 3 sesi dan 3 ruang, tentunya dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan . Jumlah tersebut berdasarkan kuota peserta yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).  ANBK dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar

Erini, SP, M.M.Pd selaku Kepala Sekolah menerangkan bahwa kegiatan ANBK ini merupakan program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memperbaiki kualitas belajar mengajar, maka dari itu pihak sekolah telah mempersiapkan dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya mulai dari sarana prasarana dan juga kesiapan peserta, sehingga ANBK tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik tanpa kendala walaupun di tahun ini baru perdana kita laksanakan.

Kepala sekolah dan semua guru SMK Negeri 2 Ketapang juga terlibat dalam asesmen nasional ini melalui pengisian survei lingkungan belajar. Setiap respons yang guru dan kepala sekolah berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan yang sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif sebagai penilaian yang terukur terhadap iklim belajar dan iklim satuan pendidikan.

Oleh: Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *