Keren! Tari Tradisional SMKN 2 Ketapang Lolos ke FLS2N Tingkat Nasional

Sanggar Seni Semak Paku SMKN 2 Ketapang, di tahun 2021 ini kembali menorehkan prestasinya di bidang seni tari yaitu meraih juara I dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang Tari Tradisional tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai Pemenang tingkat Provinsi maka Rangga, siswa kelas XII APHP B nantinya akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Nasional pada bidang tari tradisional, yang akan dilaksanakan secara daring.

Sanggar Seni Semak Paku SMKN 2 Ketapang menampilkan Tarian yang berjudul ‘Nyeman’ yang dikemas secara apik oleh penata tari kebanggaan Kota Ketapang Didit Kurniawan. Tarian ini bercerita mengenai manusia yang memiliki fisik tidak sama dengan manusia lain. Di tubuhnya menyerupai sisik ular dikarenakan waktu sang Ibu mengandung mengidamkan sesuatu yang pantang bagi sesorang ibu hamil, namun tetap saja dimakan oleh sang Ibu tersebut.

Kepala SMKN 2 Ketapang, Erini, SP, M.M.Pd, mengungkapkan, bahwa pretasi yang diraih ini merupakan hasil proses latihan yang intensif  yang dilakukan siswanya walaupun di tengah pandemi Covid-19.  Ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras, mulai dari proses latihan hingga pada saat pengambilan video untuk diikutsertakan dalam FLS2N tingkat Provinsi Kalimantan Barat tersebut.

Astika Nandarawi R, S.Pd, selaku Pembina Sanggar Seni Semak Paku SMKN 2 Ketapang mengungkapkan, pretasi ini adalah hasil dari latihan yang konsisten, berkesinambungan, tak kenal lelah yang dilakukan oleh semua tim yang terlibat. Ia berharap semoga pada kesempatan ini bisa masuk di tiga besar Nasional. Ia juga mengajak bagi siswa lain yang memiliki minat dan bakat di bidang seni menari untuk dapat bergabung di Sanggar Seni Semak Paku SMKN 2 Ketapang.

Sementara itu, Rangga mengatakan sangat bangga karena bisa mewakili sekolah pada ajang FLS2N tingkat Nasional. Saat ini ia terus fokus untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan berlatih yang dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah.

Semoga dengan upaya dan kerja keras selama ini Rangga bisa menampilkan yang terbaik pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Nasional  agar meraih prestasi yang lebih tinggi serta membawa nama baik sekolah maupun daerah.

 

Oleh : Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *