Mantap ! SMKN 2 Ketapang Buka Kelas Industri Yamaha

SMK Negeri 2 Ketapang terus memantapkan diri sebagai SMK Pusat Keunggulan. Salah satunya dengan membuka kelas industri bekerja sama dengan kalangan industri. Pada tahun 2021 ini, SMK Negeri 2 Ketapang menyelenggarakan kelas industri Yamaha untuk kompetensi keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor. Kepala SMK Negeri 2 Ketapang Erini, SP, M.M.Pd mengungkapkan, rencananya kelas industri dibuka tahun ini untuk satu rombongan belajar berjumlah 27 siswa. Siswa yang akan ditempatkan di kelas ini akan melalui proses seleksi sejak awal setelah penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 mendatang.

Kelas Industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah. Kelas ini dikelola secara bersama antara sekolah dengan industri. Tujuan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Dengan model atau sistem pengelolaan bersama antara pihak industri dan sekolah, akan tercipta iklim belajar yang baru sehingga menjamin mutu pendidikan siswa.

Kepala Program Teknik Otomotif SMKN 2 Ketapang, Nafiz Rosihan, S.Pd menjelaskan kelebihan dari kelas ini, mulai dari penyiapan peserta didik hingga seleksinya melalui kolaborasi antara sekolah dengan industri, 70% praktek langsung di industri sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Setiap lulusan nantinya dijamin bisa langsung diterima kerja setelah lulus dengan kontrak kerja dealer Yamaha Se Kalimantan Barat serta dibekali dengan sertifikat industri level silver. Selama mengikuti Kelas Industri Yamaha ini, siswa akan diasah pengetahuan dan keterampilannya. Dengan arahan dan bimbingan expert dari dunia industri, tentunya diharapkan siswa juga akan memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standard industri.

Oleh: Fajar Heryadi, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *